KUA KALITIDU Headline Animator

Minggu, 08 November 2009

KUA Kalitidu siap operasikan SINR

Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, KUA Kalitidu siap untuk mengoperasikan Sistem Informasi Nikah Rujuk atau SI-NR. SI-NR adalah sistem yang diciptakan oleh ahli sofwer yang bernama Aries pada tahun 2006. Kemudian sistem ini ditawarkan kepada Bidang URAIS Kanwil Depag Propinsi Jawa Timur dan diterima tanpa serve. Pembuatan sistem ini berawal dari beberapa masalah:
1. Banyaknya pemalsuan data calon pengantin terutama di kota-kota besar sehingga petugas kesulitan untuk memverifikasi keaslian data catin. Akibatnya catin tersebut bisa memiliki lebih dari satu istri/suami.
2. Bencana tsunami di Aceh tahun 2004. Akibat bencana tersebut seluruh arsip hilang maka dari itu SI-NR berfungsi untuk mendigitalisasi arsip catin dan disimpan di satelit.
Sampai sekarang sistem ini masih dalam tahap uji coba dan masih terus dikembangkan. Persoalan yang muncul di lapangan adalah ketika para pejabat di daerah tidak peka dan tidak ada perhatian terhadap sistem ini. Padahal kalau sistem ini berjalan maka verifikasi data catin secara online bisa terwujud sehingga bisa meminimalisir pemalsuan data catin.
Ironisnya sosialisasi pemakaian sistem ini hanya sekedar pelaksanaan DIPA ataupun perintah dari Kanwil bukan didasari adanya perhatian terhadap sistem ini. Maka wajar jikalau digitalisasi dan onlinisasi SINR masih jauh dari harapan dan berjalan lamban. Perlu ada perhatian khusus dalam rangka menerapkan sistem ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana dengan operatornya apakah sudah siap boss?