KUA KALITIDU Headline Animator

Rabu, 02 Desember 2009

JADWAL KEDATANGAN JAMAAH HAJI KABUPATEN BAOJOEGORO

Kedatangan jama'ah haji kabupaten Bojonegoro dijadwalkan tanggal 05 Desember 2009. Demikian jadwal yang dirilis dan dibuat seksi Haji Kandepag Kab. Bojonegoro. Pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini memakan waktu kurang lebih 42 hari dimana 2 hari adalah untuk proses pemberangkatan dan pemulangan jadi ada tambahan waktu lebih banyak bagi jamaah haji untuk tinggal di kota suci Mekkah.
Menurut rilis yang dibuat oleh Departemen Agama RI jamaah haji Kabupaten Bojonegoro yang meninggal di tanah suci sementara ada 1 orang yang berasal dari kecamatan Kalitidu. Jamaah haji yang meninggal tersebut dikarenakan sakit. Memang jama'ah haji tersebut sudah sakit sebelum berangkat ke tanah suci akan tetapi sakitnya tidak begitu parah.
Secara keseluruhan pelaksanaan ibadah haji pada tahun 1430 H ini lancar walaupun masih ada kekurangan di sana-sini akan tetapi tidak begitu signifikan. Demikian yang dikemukakan oleh Menteri Agama ketika konferensi pers tentang pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini. Ritual ibadah haji merupakan ritual tahunan yang lebih menonjolkan aspek fiqhiyah daripada aspek non fiqh. Sehingga yang muncul dalam benak jamaah haji adalah bagaimana hukum?apa dan bagaimana kaifiyahnya? sah atau tidak ibadah mereka? Kajian ibadah haji selama ini memang hanya dari sisi fiqh saja belum ada kajian ibadah haji dari sisi filosofis, sosiologis, ekonomis, kesehatan ataupun dari dimensi lain. Padahal dalam ritual ibadah haji lebih banyak menonjolkan sisi historis dan filosofisnya misalnya dalam rangkain wukuf sampai lempar jumroh. Secara filosofis jamaah haji diberi gambaran secara nyata bahwa ibadah kepada Allah tidak mengenal kriteria, strata sosial dan banyak mengalami cobaan, gangguan dan rintangan. Untuk melaksanakan perintah Allah tidak begitu mudah banyak rintangan dan gangguan yang harus dilewati oleh seorang hamba maka dari pengalaman empiris inilah yang ingin ditampakkan oleh Allah kepada hambaNya. ritual haji juga merupakan perjalanan Nabiyullah Ibrahim dan anaknya Ismail dalam menjalankan perintah Allah.
Sudah saatnya dalam praktek manasik haji tidak hanya membahas haji dari sisi fiqhnya saja akan tetapi juga sisi historis, filosofis dan sosiologis sehingga wawasan jamaah haji akan semakin luas. Semoga menjadi haji mabrur.

Tidak ada komentar: